Minggu, 26 Februari 2017

Java - Pemrograman Berorientasi Objek

- Sejarah Java
Pada 1991 dibentuklah suatu tim yang diberi nama green. Tim ini dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling (Sekelompok insinyur Sun ). Awalnya mereka ingin membuat suatu bahasa komputer yang dapat digunakan oleh TV kabel ( Cable TV Box) yang memiliki memori kecil dan setiap perusahaan memiliki tipe yang berbeda. Untuk mengaplikasikan hal tersebut mereka menggunakan hal yang pernah dicoba oleh bahasa pascal. Sebelumnya Niclaus Wirth telah membuat sebuah bahasa yang portable yang akan digunakan dalam mesin bayangan selanjutnya ini disebut sebagai Virtual Mesin namun saat itu belum diumumkan. Akhirnya tim green mengunakan ide ini akhirnya mereka menciptakan Java Virtual Mesin. Vitual mesin inilah yang menbuat java dapat dijalankan diberbagai platform. Pada tahun 1992 tim green membuat produknya yang diberi nama *7 (Star Seven ). Namun produk ini gagal dipasaran. Setelah itu dibuat produk yang baru. Inilah java, pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “oak “ (Kemungkinan nama ini diambil dari nama pohon yang ada didepan jendela James Gosling). Namun setelah diperiksa ternyata nama oak sudah pernah digunakan. Maka lahirlah nama “ Java “

- Definisi Java
Java ialah bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP "Object Oriented Programming"). OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.
Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku.
Contohnya: sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat, ubah gir).
Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.

Karakteristik Java antara lain : 
- Sederhana (Simple)
- Berorientasi Objek (Object Oriented)
- Terdistribusi (Distributed)
- Interpreted 
- Robust 
- Aman (Secure) 
- Architecture Neutral 
- Portable 
- Performance 
- Multithreaded 
- Dinamis  

Macam-macam Java 2 Software Developer Kit (J2SDK) antara lain : 
- J2SE (Java 2 Standard Edition) 
- J2EE (Java 2 Enterprise Edition) 
- J2ME (Java 2 Micro Edition)

Aplikasi-aplikasi java antara lain :
- Stand alone 
- Applets 
- Aplikasi berbasis Windows (GUI) 
- Java Servlet 
- Java Server Pages (JSP) 
- Java Beans dan Enterprise Java Beans 
- Java Micro Edition 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar